Sabtu, 24 Mei 2008

Menggunakan DVD Repositori Ubuntu

hallooo...,sahabat-sahabat pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan beberapa cara untuk menggunakan dvd repositori ubuntu, dalam hal ini saya anggap sahabat-sahabat sudah mahir dalam hal instalasi ubuntu.
baik langsung saja tanpa basa-basi saya akan mencoba memaparkan cara menggunakan DVD repositori ubuntu, sebelum digunakan source yang ada di DVD repositori harus di daftarkan terlebih dahulu ke system update manager ubuntu berikut caranya:
1. buka aplikasi Sypnatic packages manager
system >> administration >> sypnatic packages manager
2. setelah terbuka aplikasi sypnatic packages manager klik menu setting kemudian pilih repositories
3. uncheck semua pilihan di menu Downloadable from the internet
4. pindah ke tab third-party software ucheck jika ada url yang aktif
5. klik menu Add CD-ROM dan masukan DVD repositori sahabat-sahabat
6. ulangi langkah 5 sebanyak DVD repositori sahabat-sahabat
7. setelah semua DVD repositori di daftarkan kemudian lakukan update dengan membuka terminal, Applications >> Accessories >> Terminal
8. kemudian ketikan sudo apt-get update, setelah selesai proses update sekarang DVD repositori sahabat-sahabat telah siap untuk digunakan untuk instalasi program aplikasi.
untuk melakukan instalasi program aplikasi di ubuntu menggunakan DVD repositori sangat mudah ada 2 cara yang bisa dilakukan yang pertama, sahabat-sahabat tinggal membuka aplikasi sypnatic packages manager kemudia search aplikasi yang akan di instal, yang kedua buka aplikasi Terminal kemudian ketikan perintah sudo apt-get install kemudian tekan enter secara otomatis system ubuntu akan meminta sahabat untuk memasukan DVD repositori.

mudah khan sahabat-sahabat bagaimana menurut anda?
selamat mencoba yach!!!

Tidak ada komentar: